Normalkan Darah Tinggi dengan Buah Bit


Ceriwis.info - Buah bit berwarna ungu tua, dan kerap digunakan untuk pewarna makanan alami karena pekatnya warna ungu yang ia miliki. Buah ini cukup jarang ditemukan di pasar tradisional, sehingga hanya sedikit orang yang gemar mengonsumsinya. Padahal khasiat dari bit cukup besar untuk kesehatan, terutama bagi penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Andrew Webb, konsultan Guy’s and St Thomas, London. Dirinya tertarik meneliti buah bercita rasa manis itu hingga bertahun-tahun sampai menyimpulkan bahwa buah bit bermanfaat membantu pasien hipertensi menurunkan tekanan darahnya. Demikian dilansir oleh situs Dailymail.

Metode penelitian yang digunakan adalah pemberian ekstrak buah bit, buah semangka, serta bawang putih yang kesemuanya dikatakan mempunyai manfaat menurunkan hipertensi. 3 kelompok relawan yang bersedia membantu penelitian tersebut pun masing-masing harus mengonsumsi ekstrak buah secara rutin dalam waktu tertentu.

Peneliti lantas mengukur tekanan darah ke 3 kelompok relawan yang secara bergantian mengonsumsi ekstrak buah-buahan tersebut.

Hasilnya, bawang putih dengan kandungan allicin (zat organosulfur) ternyata mampu melancarkan aliran darah serta membuka pembuluh darah yang tersumbat kolesterol. Sedangkan semangka dan bit, berfungsi meningkatkan kadar asam nitrat yang fungsinya hampir sama, membuka pembuluh darah lebih lebar.

Namun dikatakan oleh Dr Webb, kandungan nitrat dalam buah bit lebih tinggi ketimbang kedua bahan lainnya. Nitrat ini akan memberi manfaat lebih baik jika dikonsumsi dalam kondisi mentah alias tak dimasak. Mengonsumsi ketiganya tentu akan memberi manfaat yang jauh lebih besar bagi penderita hipertensi.