Racemo , Mobil Sport Tercepat India Pertama


Ceriwis.info - Citra sebagai pembuat mobil harga murah yang digendong Tata Motor, kali ini mulai naik level. Memanfaatkan ajang Geneva International Moto Show 2017, melalui merek turunannya Tamo, meluncurkan model sport coupe dual-seater yang disebut Racemo.

Model ini diklaim sebagai hasil kolaborasi antara desain Italia dengan kecerdikan meracik mobil ala negeri Bollywood. Recemo merupakan model global pertama India yang dikembangkan dengan konsep “phygital”, yang menggabungkan dunia fisik (physical) dan dunia digital.

Racemo menguatkan fitur-ffitur dari sisi konektivitas, seperti cloud-computing, analisis, geo-spasial, dan pemetaan, serta meningkatkan kemampuan human-machine interface. Lebih dari itu, mobil ini sudah bisa digunakan pada game interaktif, Microsoft Forza Horizon 3, di mana ini juga mobil India pertama yang ada di platform tesebut.

"Kami meluncurkan sub-brand Tamo sebagai jawaban kami untuk teknologi baru, model bisnis dan kemitraan. Racemo merupakan inovasi pertama dari Tamo, dan harapannya, ini merupakan lompatan tak terduga kami untuk masa depan," ujar Guenter Butschek, CEO Tata Motors mengutip Carscoops, Jumat (10/3/2017).

"Dari styling dan desain, menuju pengalaman pengemudi dan teknologi, Racemo adalah perpanjangan dari kepribadian pelanggan, sebagai bagian dari ekosistem digital mereka,” ucap Butschek.

Produk Racemo sendiri dirancang langsung di Tata Motors Design Studio di Turin, Italia, dan kemudian dibangun dan dipatenkan dengan struktur MoFlex Multi-Material Sandwich atau MMS. Di mana struktur ini lagi-lagi, digunakan untuk pertama kalinya di industri otomotif pada kendaraan penumpang.

Dalam hal performa, Racemo menggendong mesin bensin 1.2-liter tiga silinder turbocharged, dan mampu memuntahkan tenaga 190 PS (186,2tk) dengan torsi 210 Nm. Mobil sport berdarah India ini memiliki transmisi otomatis 6-percepatan, dengan akselerasi 0-60 mph (96 kpj) di bawah 6 detik.