Ridwan Kamil Cagub Terkuat versi Indo Barometer


Ceriwis.info - Ridwan Kamil menjadi calon gubernur (cagub) Jawa Barat (Jabar) yang potensi menang sangat besar. Menurut survei yang digelar Indo Barometer, tingkat pengenalan publik terhadap Ridwan Kamil 65 persen, dan ini sudah menjadi cagub dengan elektabilitas tertinggi.

"Hal ini disebabkan Ridwan Kamil adalah Cagub dengan tingkat kesukaan tertinggi. Peluang Ridwan Kamil makin besar mengingat kepuasan pada Wagub incumbent Deddy Mizwar hanya 42 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Dr Muhammad Qodari di Jakarta, Kamis (23/3).

Biasanya, kata Qodari, jika kepuasan incumbent di bawah 50 persen, maka kecenderungannya akan kalah."Namun pilkada Jawa Barat masih dinamis mengingat pelaksanan masih Juni 2018. Menarli untuk terus diamati," kata dia.

Dari pertanyaan terbuka, kata dia, nama calon gubernur yang banyak disebut adalah Ridwan Kamil (9.4 persen). Selanjutnya Dedi Mulyadi (3.6 pesen), Dede Yusuf (3.5 persen), dan Deddy Mizwar (2.9 persen). Sebesar 77.1 persen pemilih masih belum memutuskan

"Jika simulasi pertanyaan tertutup dengan 14 nama calon gubernur, tingkat keterpilihan Ridwan Kamil meningkat (22 persen). Posisi di bawahnya adalah Deddy Mizwar (14.1 persen), dan Dede Yusuf (11.8 persen). Sedangkan Dedi Mulyadi (7.3 persen)," katanya.

Namun, jika simulasi pertanyaan tertutup dengan 5 nama calon gubernur, dukungan Ridwan Kamil menjadi 25.3 persen. Disusul Deddy Mizwar (19.3 persen), dan Dede Yusuf (14.2 persen). Sementara Dedi Mulyadi (8.1 persen) dan Bima Arya Sugiarto (1.9 persen).

Qodari mengakui, ada yang menarik dalam survei tersebut, dimana nama calon yang paling dikenal adalah Deddy Mizwar (97.8 persen), lalu Desy Ratnasari (92.1 persen), Dede Yusuf (91.3 persen), Ridwal Kamil (65.4 persen), dan Nurul Arifin (52.4 persen).