Smartfren : iPhone 7 Akan Segera Mendarat Di Indonesia


Ceriwis.info - iPhone 7 dipastikan segera dijual resmi di Indonesia. Salah satu mitra penjual yakni operator Smartfren, bakal membuka keran pre order 24 Maret mendatang. Jika melihat peluncuran resmi iPhone 7 di Amerika Serikat yang sudah cukup lama berlalu, tak mudah bagi smartphone premium ini akhirnya menembus pasar Indonesia secara legal.

iPhone 7 diperkenalkan pada 7 September 2016. Kala itu, sempat ada harapan bahwa waktu pemasarannya di Indonesia bisa dilakukan menjelang akhir tahun.

"Secara ritme sebelumnya, 3-6 bulan setelah dirilis di Amerika Serikat. Tapi yang optimis akhir tahun ini, karena Apple mengejar momen Natal dan Tahun Baru," ujar Apple Certified Trainer iBox Mahendra Hatmoko kala itu.

Namun harapan tinggal harapan. iPhone 7 tidak juga masuk secara resmi. Ditengarai sebab utamanya adalah Apple belum juga dapat memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN.

"Apple sedang menyelesaikan proses investasi di BKPM, sabar saja," ujar I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin.

"Kalau dari segi aturan TKDN-nya sih kita melihat ada harapanlah. Tapi untuk urusan Apple sebaiknya jangan spekulasi," imbuh CEO Erajaya, Hasan Aula.

Menkominfo Rudiantara kemudian membeberkan bentuk investasi Apple adalah pusat riset dan pengembangan dan masih dalam tahap negosiasi. Karena itulah, iPhone 7 belum bisa mendarat di Indonesia dengan cepat.