Temulawak Banyak Mengandung Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh


Ceriwis.info - Mengetahui lebih dalam manfaat temulawak terutama untuk kesehatan karena banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh supaya semua system yang jalan tetaplah stabil.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Negara kelahiran tanaman ini yaitu Indonesia, semakin khusus di Pulau Jawa, kemudian mulai mengelilingi semua negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, serta Filipina. Seringkali juga rimpang temulawak tumbuh di China, Indochina, India, Jepang, Barbados, Korea, Amerika Serikat serta sebagian negara Eropa. 

Manfaat temulawak atau orang Sunda menyebutnya koneng gede tidak lain cuma untuk bumbu dapur. Tanaman ini berkerabat dengan jahe lantaran keduanya sama tumbuhan terna yang berupa rimpang. Tempat tumbuh tanaman ini dapat pada dataran rendah meraih ketinggian 1500 meer diatas permukaan laut serta menyesuaikan di rimba tropis. Sesaat susunan tanah yang gembur yaitu tempat di mana rimpan temulawak bisa tumbuh subur.

Bila Anda menginginkan menjelajah lebih jauh tentang tanaman ini, banyak masyarakat kerajaan yang memakai temulawak sebagai jamu serta obat. Rimpang temu lawak mempunyai karakter farmakologi seperti menghindar penyakit hati (hepatoprotektor), menghindar peradangan (anti inflamasi), turunkan jumlah cholesterol berlebihan, pencahar (laxative), peluruh kencing (diuretik), serta pereda nyeri pada sendi. 

Khasiat lain dari segenggam rimpang temulawak yakni tingkatkan nafsu makan (begitu pas untuk anak berumur 7 th. ke atas), melakukan perbaikan produksi ASI pada ibu menyusui, serta bersihkan kotoran yang turut mengalir dalam darah. Lantaran menaruh karbohidrat komplek, pati temulawak kerap di proses jadi bubur bergizi yang didapatkan untuk bayi serta beberapa orang yang alami masalah pencernaan. 

Diluar itu, didalam temulawak ada linelool, geraniol, yang disebut hasil produksi dari minyak atsiri kelompok fenol yang mempunyai daya repellan pada nyamuk Aedes aegypti, hingga toksin itu bisa dipakai untuk mengusir nyamuk yang mengganggu jam tidur Anda.