Ternyata Posisi Tidur Kita Berpengaruhi Dengan Kesehatan Kita Loh


Ceriwis.info - Tahukah Anda bahwa posisi tidur yang baik dapat mempengaruhi kesehatan? Ternyata posisi tidur dapat mempengaruhi kondisi badan ketika bangun keesokan harinya. Jika Anda tidur dengan posisi yang salah, kemungkinan besar anda tidak akan bisa menjalani rutinitas dengan baik.

Seperti dilansir dari laman Lifehack, beberapa panduan bagaimana posisi tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Tidur dengan posisi telentang ternyata sama manfaatnya ketika Anda melakukan gerakan yoga “Savasana” atau yang biasa disebut dengan “death pose” yaitu posisi berbaring lurus. Para ahli Yoga menjelaskan posisi ini bisa memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit kepala, memulihkan energi dan mengurangi insomnia. Terlebih jikamatras yang dipakai mengikuti bentuk tubuh Anda saat tidur. 
Satu-satunya masalah pada posisi ini mungkin agak kurang tepat untuk orang yang punya kebiasaan tidur mendengkur.

Banyak orang tidur dengan posisi tengkurap baik secara sadar atau tidak sadar, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut sangat berpotensi mencederai beberapa bagian tubuh Anda, terutama leher Anda. Ketika Anda tengkurap untuk waktu yang lama, anda meletakkan tekanan yang tidak semestinya pada bagian atas tubuh anda. Anda juga menaruh leher anda pada posisi yang tidak nyaman.

Hal tersebut dapat menyebabkan stres pada leher anda dan bisa mengakibatkan sakit pada leher, dan bila Anda susah menengok pada keesokan hari nya setelah anda tidur tengkurap, diperlukan bantuan terapi untuk mengatasi hal tersebut.

Masalah tidur tengkurap tidak hanya pada leher. Anda juga akan meletakkan beban terlalu berat pada paru paru Anda, yang bisa mengganggu sistem pernapasan. Posisi tidur tengkurap harus dihindari sebisa mungkin.

Posisi tidur miring ke kiri membantu sirkulasi dan peredaran darah pada jantung, dan juga menghindari tekanan langsung pada liver, tapi apakah Anda tahu kalau banyak ahli kandungan yang menyarankan ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri ? Posisi tersebut secara riset adalah posisi paling nyaman saat mengandung, dan juga dipercaya sirkulasi gizi bayi melalui ari ari bisa disalurkan dengan lebih baik.