Tips Mengatasi Tidur Ngelindur


Ceriwis.info - Kadang seseorang tidur namun berbicara sendiri di tengah malam. Kejadian yang juga disebut dengan mengigau atau ngelindur ini dapat dialami oleh siapa pun. Dalam medis hal ini masuk dalam kategori parasomnia atau gangguan tidur. Bentuk parasomnia lainnya adalah berjalan kala tidur, menulis sms sembari tidur, hingga berhubungan badan sambil tidur.

Jika Anda termasuk suka ngelindur, gangguan tersebut bisa diatasi. Dikutip dari laman Detik Health, begini caranya:

Cukup tidur. Salah satu alasan terjadinya ngelindur adalah kekurangan jam tidur. Durasi tidur malam yang disarankan adalah 6-8 jam setiap hari. Cukup tidur dapat mengurangi intensitas ngelindur walaupun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan.

Jauhi stress. Stres dapat memicu ngelindur dan membuatnya parah kalau seseorang sudah terjangkit gangguan tidur ini sebelumnya. Sebaiknya lakukan relaksasi pikiran sebelum Anda terlelap.

Jangan minum alkohol. Minuman beralkohol membuat pikiran Anda berada dalam pengaruh zat tersebut. Pola tidur dan kualitasnya akan terganggu sehingga memungkinkan berbicara saat tidur.

Konsultasikan pada dokter. Kalau Anda merasakan tidur ngelindur namun juga disertai sleep apnea ada baiknya segera mengunjungi dokter. Mungkin ngelindur tersebut berhubungan dengan sleep apnea. Hanya saja, orang yang mengalami sleep apnea memiliki risiko tinggi terkena gangguan jantung dan mungkin impotensi pada pria.

Hindari ngemil sebelum tidur. Usahakan camilan terakhir yang dimakan memiliki jeda empat jam sebelum tidur malam. Hindari pula minuman kafein sebelum tidur agar kualitas tidur tetap terjaga. Perut yang penuh makanan dapat membuat tidur bermasalah kualitasnya.