Tips Merawat Helm dengan Benar


Ceriwis.info - Semua barang butuh perawatan, begitu pula helm, yang notabennya sering dipakai untuk sehari-hari. Dalam merawat helm ternyata tidak sulit. Hanya harus perhatikan dari segi pencuciannya.

"Cuci helm dan visor menggunakan air dan sabun cair, lalu lap dengan Kanebo atau sejenisnya," dikutip dari Owner Juragan Helm, Agus Hermawan kepada detikOtomotif.

Untuk bagian dalam helm bisa dibersihkan dengan cara di rendam dengan deterjen cair.

"Busa helm dicuci dengan deterjen cair. Cukup rendam 15-30 menit, kucek-kucek atau gosok dengan sikat gigi halus. Peras perlahan dan jemur," kata Agus.

Kalau sedang dalam kondisi musim hujan atau di malam hari, bisa keringkan didepan kipas angin atau dibelakang Air Conditioner (AC). Untuk bagian bodi helm perawatannya tergantung dari jenis balutan warna pada helm itu sendiri.

"Body helm yang glossy boleh dipoles dengan wax atau bahan dasar lilin. Tidak boleh yang abbrasive atau cairan kimia lainnya. Body helm yang (warna) doff, matte, atau rubbertone tidak boleh dipoles," tambah Agus.

Selain itu lanjut Agus menyarankan, untuk hindari helm dari hawa yang teramat panas, sesudah dicuci karena bakalan membuatnya mudah rusak.

"Semisal mengeringkan dengan heater atau heat-blower. Parts ataupun mekanikal helm yang terbuat dari plastik akan mudah rusak, atau getas," katanya.

Juga jangan memakai helm yang sudah pernah terjatuh, ketika mengalami kecelakaan saat berkendara.

"Karena secara struktur batok atau shell helm, dan lapisan EPS (Expanded Poly Styrene), sudah deformasi. Jadi tidak akan maksimal kalau dipakai lagi," pungkas Agus.