VAIO Segera Luncurkan Smarphonr Berbasis Android


Ceriwis.info - Tiga tahun yang lalu Sony telah membuat keputusan yang mengejutkan dimana perusahaan menjual divisi VAIO. Perusahaan Jepang yang membelinya pun cukup bijaksana dalam mengembangkan nama VAIO yang masih memiliki kesan sangar. Tahun lalu mereka membawa brand VAIO ke industri smartphone yang menjadi ladang subur bagi pelaku bisnis teknologi saat itu.

Sayangnya, beberapa hal tidak berjalan seperti yang direncanakan, seperti contoh smartphone pertama VAIO yang diluncurkan pada tahun 2016 didukung oleh Windows Phone, yakni sebuah platform mobile yang hampir mati saat ini karena kalah bersaing dengan Android dan iOS. Smartphone bernama VAIO Phone Biz itu sebenarnya memiliki desain yang apik, tapi tidak begitu mengesankan jika bicara soal hardware.

Karena penjualan VAIO Phone Biz sangat mengecewakan, sepertinya perusahaan Jepang ini telah bertekad untuk memperbaiki hal tersebut dengan meluncurkan smartphone baru yang lebih mengesankan. Untuk mewujudkan rencananya.

kali ini VAIO memilih jalur Android dalam upaya membentuk kembali bisnis smartphone miliknya. Namun perusahaan sepertinya tidak ingin menghabiskan banyak dana untuk membuat R&D tambahan, dimana mereka lebih memilih meluncurkan handset yang sama seperti yang diperkenalkan tahun lalu. Bedanya, handset sekarang menjalankan sistem operasi Android. Smartphone ini bernama VAIO Phone A dengan mengusung layar sentuh seluas 5,5 inci beresolusi FHD 1080p. 

Untuk dapur pacunya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 617 yang disandingkan dengan RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal 16GB dengan dukungan microSD. Untuk fotografinya mengandalkan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP. Meski sama, namun bukan berarti tidak ada perbedaan dengan smartphone yang menjalankan Windows Phone, karena untuk model Android telah ditambahkan dual-SIM dan beberapa radio 3G. 

Namun untuk OS yang dijalankan masih Android 6.0 Marshmallow, dimana seharusnya smartphone baru yang meluncur tahun ini sudah menjalankan OS Android 7.0 Nougat. Smartphone ini bakal diluncurkan di Jepang pada tanggal 7 April dengan banderol harga $225 (Rp3 juta), dan kemungkinan bakal dijual di negara lain juga.